Perbedaan Antara HARD DISK MEKANIK (Biasa/Drive) Dengan HARD DISK SSD (Solid State Drive)

Hard Disk Mekanik ( harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Hard Disk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Hard Disk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.

200px-hard_disk_wd_400 200px-harddisk-head

Data yang disimpan dalam Hard Disk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah Hard Disk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

Dalam perkembangannya kini Hard Disk secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire, sedangkan

Solid-state drive (SSD) adalah media penyimpanan data (non volatile memory) yang menggunakan papan memory sebagai media dan tidak menggunakan compact-disk seperti hard-disk konvensional sehingga SSD tidak memilki penundaan mekanikal dalam mengakses data.

images-1 images

Penggunaan sebenarnya dari kata solid-state merujuk pada digunakannya peralatan semi konduktor daripada tabung elektron, tapi dalam konteks ini, kata solid-state telah diadopsi untuk membedakan peralatan elektronik solid-state dari peralatan electromechanical. Dengan tanpa bagian yang bergerak, solid-state drives lebih bersifat tahan-rusak daripada hard disk konvensional serta lebih sunyi (kecuali kipas pendingin diaktifkan); sebagai imbas dari tidak adanya delay (penundaan) mekanikal, maka biasanya pengguna akan merasakan waktu akses data yang lebih cepat.

SSD lebih tahan rusak terhadap guncangan dari pada hard disk konvensional, karena piringan pada hard disk dapat terganggu kinerjanya bila mengalami guncangan dan akan berakibat kerusakan maupun data loss. Hal ini tidak terjadi pada SSD karena tidak ada alat mekanik yang bergerak dan bisa terguncang (full ic = integrated circuit). Tapi SSD bisa juga mengalami kerusakan seperti layaknya ic pada umumnya dan akan berakibat data loss.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dan kelebihan SDD dibanding Hard Disk Drive :

KELEBIHAN :

ü Akses SDD lebih cepat dibanding Hard Disk Drive ( kapanpun anda mengakses )

ü SDD tidak memakan listrik dan tidak mengeluarkan panas, sedangkan Hard Disk Drive mengeluarkan panas.

ü SDD tidak mengeluarkan suara yang bising dibanding Hard Disk Drive.

ü Lebih tahan lama.

ü SDD tidak memiliki bagian mekanik seperti Hard Disk

ü Daya SDD lebih sedikit dibanding dengan Hard Disk Drive.

ü SSD memiliki read and write speed yang relative lebih tinggi daripada Hard Disk Drive.

ü Others

KEKURANGAN :

ü Harganya relative mahal dibanding Hard Disk Drive

ü SSD membutuhkan listrik yang lebih besar dibanding Hard Disk Drive

ü Saat ini kapasitas maksimal SSD masih lebih rendah dibandingkan hard drive.

ü SSD memiliki daya tahan yang terbatas.

ü SSD masih memakai listrik bahkan ketika komputer sudah dimatikan.

ü SSD memilki kemampuan memasukkan atau write yang lebih rendah dibandingkan kemampuan membaca data didalam SSD atau read.

ü Others

Itulah perbedaan antara Hard Disk Mekanik dengan Hard Disk SDD, semoga apa yang saya bagikan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Thx…

Tommy Chandra / 1301043180

Category: Hardware
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
5 Responses
  1. ужо видела

  2. Exytrans says:

    Какая нужная фраза… супер, замечательная идея

  3. Kolabsus says:

    Охотно принимаю. На мой взгляд, это актуально, буду принимать участие в обсуждении. Вместе мы сможем прийти к правильному ответу. Я уверен.

  4. interesting opinion…

  5. awesome blog check mine out

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>